Sunday, February 12, 2012

Mekarnya Bunga Wijaya Kusuma

Malam kemarin baru pulang dari rumah teman, seluruh anggota keluargaku memperhatikan mekarnya sepucuk bunga. Aku tanya ternyata itu bunga Wijaya Kusuma yang katanya jenis bunga yang jarang bisa berbunga dan mekarnya pun cuman pada saat malam hari. Untuk membuktikan hal tersebut akhirnya tadi aku nanya ama mbah google tentang kebenaran hal tersebut.Hasilnya sungguh mengejutkanku, bunga tersebut merupakan jenis kaktus.Bunga Wijaya kusuma yang memiliki nama latin Epiphyllum anguliger, termasuk jenis kaktus.  
Dan benar, bunga Wijayakusuma hanya merekah beberapa saat saja di malam hari dan tidak semua dapat berbunga dengan mudah. Semua itu tergantung dari iklim, kesuburan tanah dan cara pemeliharaan.
Asal muasal bunga Wijaya Kusuma ini dari hutan belantara tropis yang teduh. Hutan ini menjadi tempat yang paling banyak ditemukan si bunga karena jauh dari sengatan matahari.Bunga Wijaya Kusuma biasanya berbunga setahun sekali pada musim hujan dan berkembang mekar di malam hari dengan indahnya.
Nah, ada arti khusus dibalik nama bunga itu, lo! Ada yang tahu? Wijaya adalah kemenangan, Kusuma adalah kembang atau bunga. Jadi arti Wijaya Kusuma adalah kembang atau bunga kemenangan.
Karena artinya bunga kemenangan, seringkali orang mengartikannya sebagai pembawa keberuntungan. Padahal...mitos ini belum tentu benar, lo! Bahkan ada pula yang mengganggap bunga ini bersifat mistis. Itu karena bunga berwarna putih bersih ini mengeluarkan aroma yang harum. Hihihi...gara-gara beraroma harum jadi bersifat mistis!
Mau tahu mitos yang lain? Katanya, nih, bunga ini hanya akan berbunga jika ditanam oleh keluarga yang harmonis. Jangan buru-buru percaya dulu! Kalau berdasarkan logika, keluarga yang harmonis tentu akan punya banyak waktu luang.
Mereka tentu dengan senang hati merawat bunga Wijaya Kusuma. Nah, kalau keluarga yang tidak harmonis, tidak pernah akur. Jarang sekali punya waktu kosong untuk seluruh keluarga.

1 comment:

  1. Kebetulan saya punya.....sudah 4 bulan berturut-turut berbunga....pertama berbunga 2.....terakhir.....3 eh sekarang....ada belasan...:-) ,.....karna ak sering kasih pupuk.....kali ya,,,, jadi tidak benar kalau bunganya berbunga hanya setahun sekali.....

    ReplyDelete